Manfaat dan Nilai Bisnis Tanaman Hias - Pesona Tanaman Hias

Manfaat dan Nilai Bisnis Tanaman Hias

Kehadiran tanaman hias dipekarangan rumah Anda dapat memberikan berbagai macam manfaat dan kegunaan. Selain mempercantik pemandangan, keberadaan tanaman hias juga akan memberikan udara segar di lingkungan sekitar rumah. Tentunya hal tersebut sangat baik untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Manfaat dan Nilai Bisnis Tanaman Hias

Bayangkan ketika Anda memasuki pekarangan rumah yang teduh dan asri dikelilingi dengan aneka jenis tanaman hias, bungan bunga yang cantik, aneka pohon berbunga, aneka tanaman perdu, tanaman rambat, hingga aneka pepohonan buah yang rindang. Sejauh mata memandang, pemandangan utama yang menghampar dari seluruh ruangan di dalam rumah hingga keseluruh penjuru halaman adalah hamparan warna-warni bunga tanaman yang terlihat asri dan membuat mata sejuk, tempat tinggal yang demikian terasa begitu tenang dan damai menyejukkan hati. Begitu menginjakkan kaki di rumah yang sperti itu, kemacetan kehidupan kota akan serta merta sirna dan terganti oleh perasaan teduh dan penuh dengan kedamaian itu.

Tanaman hias bukanlah sekadar hiasan untuk pelengkap rumah. Tanaman hias sebaiknya juga memenuhi fungsi sebagai peneduh dan filter penyaring debu dan udara. Setelah penghuni rumah sehari penuh didera kesibukan bekerja. Apalagi buat Anda yang setiap hari terjebak kemacetan lalu lintas perkotaan saat menuju dan pulang dari tempat bekerja. Anda akan kembali mendapatkan energi yang fresh setelah menikmati hamparan tanaman hias koleksi Anda. Segar rasanya kalau melihat banyak daun mekar dan merekahnya bungan serta ranumnya aneka buah dihalaman rumah kita.

Nilai Ekonomis Tanaman Hias


Kolektor dan atau hobbyist tanaman hias dalam mengoleksi tanaman lebih didorong pertimbangan bahwa tanaman yang ia koleksi itu punya nilai dan tidak terlalu sulit dibudidayakan. Kebanyakan orang mengoleksi tanaman yang dianggapnya akan punya nilai jual. Demikian pula jika tanaman mudah berkembang biak, misalnya melalui bijinya yang melenting seperti tanaman adenium dan anthurium. Pertimbangan lain dalam megkoleksi tanaman hias adalah aspek kelangkaan. Semakin langka suatu tanaman hias, semakin jarang orang memiliki, semakin menimbulkan kebanggaan tersendiri.

Itu pula sebabnya banyak kolektor bertahan memilih anthurium, aglaonema, adenium, euphorbia, philodendron, sansevieria, bromelia, yang banyak beredar di pasaran saat ini. Budi daya tidak terlalu sulit, perawatan juga tidak terlalu mudah, dan harga di pasaran terus terjaga. Sebaiknya anda tetap tekun merawat tanaman koleksi anda seperti adenium, euphorbhia, anthurium Jenmanii dan Gelombang Cinta dengan sebaik-baiknya walaupun harga tanaman hias secara umum saat ini sedang anjlok, bahkan tidak laku dipasaran.

Mengoleksi tanaman hias, memang kemudian terpulang pada tujuan anda masing-masing. Kalau bisa di kelompokkan, ada  yang memang kolektor sejati, hobbyist, dan user atau pelaku yang biasanya hanya mengikuti pasar. Tertari untuk bisnis tanaman hias?

Bagikan Ke Sosial Media